Senin, 05 Juni 2017

Cara Berbelanja Murah di Adelaide

Adelaide -
Saat Ramadan seperti sekarang ini, sebagian warga termasuk warga Muslim RI di Adelaide, Australia mengunjungi pusat perbelanjaan. Tujuannya tentu saja untuk melengkapi kebutuhan isi dapur selama bulan puasa.
Ramadan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Hal itu membuat sebagian warga Muslim RI berpikir mencari tempat belanja yang tidak menguras isi kantong terlalu dalam. Sehingga tidak harus sering keluar dan belanja terlalu sering.
Bukan hanya warga asal RI di Adelaide. Namun juga bagi penduduk lokal. Banyak dari mereka yang sengaja menyempatkan diri untuk datang ke tempat " belanja murah" seperti Sunday Market dan Central Market.
Tempat tersebut menjadi pusat belanja yang paling disenangi, karena harga miring yang ditawarkan tidak sebanding dengan kualitas barang yang dibeli. Seperti pengalaman sebagian besar warga Indonesia di Adelaide. Yang sering membeli barang dengan harga dibawah $10 dengan kualitas barang yang masih bagus bahkan ada yang masih baru. Seperti tas dan sepatu yang jika dibeli di Rundle Mall bisa mencapai harga sekitar $25 per itemnya. Namun di Sunday Market hanya dihargai sekitar $ 5 saja.
Sunday Market berlokasi di dua tempat berbeda. Ada yang di berlokasi di Marion dan ada pula di Brighton. Seperti Marion Sunday Market yang diadakan hari Minggu 4 Juni 2017 di Marion Sports & Community Club Inc. yang berlokasi di Jalan Sturt Road Marion.
18902301_1913117152293829_614379187_n.jpg
Pakaian bekas yang dijual diSundayMarket diAdelaide. (Foto: NurKhofifahBahru)
Cuaca yang sangat dingin dan sempat mencapai 2 derajat tidak menjadi penghalang bagi pengunjung untuk datang ke pasar yang selalu diadakan setiap minggu pertama di awal bulan ini. Banyak warga mengetahui info ini melalui internet di sini.
Marion Sunday Market hanya diadakan sekali dalam sebulan. Berbeda dengan Brighton Sunday Market yang diadakan dua kali dalam sebulan. Yaitu setiap minggu kedua dan minggu keempat setiap bulan yang dimulai sejak pukul 07.30 pagi. Tempat ini berlokasi di Jalan Brighton Road, North Brighton, South Australia. Dan juga bisa di akses melalui internet di sini.
Pasar minggu ini banyak menyediakan barang seperti pakaian, elektronik, mainan hingga tanaman hias. Namun ada juga yang menjual buah-buahan dan sayuran. Selain Marion Sunday Market dan Brighton Sunday Market, ada juga yang tempat belanja murah dari garage sale yang banyak berlangsung disepanjang jalan. Terutama di sekitaran Marion Road.
Banyak penduduk lokal yang menjual barang-barangnya dengan harga murah di garasi rumah mereka. Dengan alasan akan pindah atau memang sudah tidak membutuhkan barang tersebut. Garage sale biasanya diadakan setiap hari Sabtu dan Minggu sejak pagi hari.
DSC00305.JPG
Aneka barang dijual di salah satuSundayMarket diAdelaide. (Foto: NurKhofifahBahru)
Kehadiran Central Market menambah lengkap " surga" belanja di Adelaide. Dan menjadi salah satu tempat favorit, yang paling sering dikunjungi. Setiap hari Sabtu sejak pukul 14.00 siang hingga 15.00 ada istilah $1. Dimana banyak kebutuhan pokok dijual dengan harga $1. Sehingga inilah alasan mengapa tempat ini selalu ramai pengunjung setiap hari Sabtu.
Salah seorang Mahasiswa University of Adelaide asal Indonesia bernama Andi bahkan pernah membeli pisang satu kardus besar hanya dengan harga $1. Hal yang tentu sangat membahagiakan dan jarang ditemui di Adelaide.
*Nur Khofifah Bahru, warga Indonesia di Adelaide, Australia Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar