Selasa, 06 Juni 2017

Mensos Minta Orang Tua Awasi Aktivitas Anak di Medsos

Jakarta - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa mengimbau orang tua ketat mengawasi anak saat menggunakan media sosial. Pengawasan menurutnya bisa dilakukan dengan cara sederhana.

"Jangan di-share sebelum disaring. Jangan sembarang share, itu simpel sekali. Kalau itu sering disampaikan oleh para orang tua ke anak-anak mereka, saya rasa akan terbangun kehati-hatian karena pasti akan masuk top of mind anak-anak 'mama saya pesan jangan buru-buru share sebelum disaring'," kata Khofifah kepada wartawan, Selasa (6/6/2017).

Khofifah juga meminta orang tua secara terus menerus mengingatkan anaknya menggunakan aplikasi sosial media dengan arif dan bijaksana. Terutama terhadap anak remaja yang dinilai belum mampu mengetahui dampak dari tautan yang dibagikan di media sosial.
"Saya khawatir dunia anak-anak ini memang mereka belum mengetahui implikasi dari apa yang ditulis. Bahkan misal tulisannya repost, dia nggak ngerti implikasinya. Nah yang dewasa kan harapannya yang lebih ngerti, maka harusnya lebih arif lebih bijak dan lebih cerdas," ujarnya.

Khofifah menyadari tidak semua orang tua punya waktu untuk melakukan pengawasan. Apalagi mengawasi seluruh interaksi media sosial yang dilakukan oleh anak-anaknya. 

"Misalnya saya, saya minta untuk cek apa yang diposting oleh anak-anak saya terutama di Facebook dan interaksi mereka di Twitter, karena saya nggak cukup punya waktu melakukan pengawasan itu," kata Khofifah.

Dengan begitu, Khofifah berharap sesama pengguna media sosial menjadi bersahabat. Tidak ada yang saling menyebarkan kebencian.

"Kehidupan berbangsa harus dibangun ada muncul understanding trust dan respect, itu akan muncul saling memahami satu sama lain," kata Khofifah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar