Selasa, 06 Juni 2017

Djarot Resmikan Mesin yang Bisa Buat Cabai Bertahan Hingga 6 Bulan

Jakarta - Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meresmikan mesin yang bisa digunakan untuk menyimpan bahan pangan seperti bawang dan cabai selama 6 bulan. Mesin itu bernama CAS (Controlled Atmosphere Storage) milik PD Pasar Jaya di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.

Ketika meresmikan mesin itu, Djarot menyinggung soal cita-cita Soekarno, Presiden ke-1 RI, tentang Trisakti yaitu berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian secara sosial budaya. Djarot pun menyoroti tentang berdikari secara ekonomi dengan cara menjaga ketahanan pangan. 

Djarot Resmikan Mesin yang Bisa Buat Cabai Bertahan Hingga 6 BulanPasokan bawang (Foto: Bisma Alief/detikcom)

"Saya akan bicara tentang mengoperasionalisasikan Pancasila seperti cita-cita Bung Karno. Cita-cita Indonesia 100 persen merdeka kalau mampu mewujudkan Trisakti," kata Djarot di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (6/6/2017).
"Bukan sekadar ketahanan pangan. Kalau kita kedaulatan pangan, maka kita tidak bisa didikte oleh pangan-pangan dari luar. Petani kita tidak bisa didikte, harga tidak bisa mereka dikte tapi yang mengontrol adalah kita sendiri karena kita punya kedaulatan," ucap Djarot melanjutkan.

Djarot pun menyoroti tentang bawang putih yang masih impor. Menurutnya, petani Indonesia harus dijaga agar kedaulatan pangan tercapai.

"Bawang putih itu kita 90 persen impor. Kalau nggak dari China, dari India. Pertanyaan saya kenapa para petani apakah kita tidak bisa tanam bawang putih? Jawabannya bisa. Apakah tidak bagus tumbuh di Indonesia? Bagus," tutur Djarot.

Di tempat yang sama, Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menjelaskan bila mesin CAS yang dimiliki oleh PD Pasar Jaya merupakan teknologi yang dikembangkan oleh PT Pura dari Kudus, Jawa Tengah. Saat ini, PD Pasar Jaya baru memiliki 1 unit CAS dengan daya tampung 16 ton. Rencananya, PD Pasar Jaya akan menambah 3 unit lagi agar mampu menampung 60 ton.

"Ini terobosan anak bangsa dari PT Pura, sudah teruji memang bawang dan cabai ini usianya bisa diperpanjang. Baru satu tapple (unit) yang kita pasang di sini yang kapasitas 16 ton. Kita akan punya nanti 3, nanti kurang lebih 60 ton," ujar Arief.

Dia berharap teknologi yang ada bisa menjadi solusi untuk menahan harga bawang dan cabai di Jakarta. Menurutnya, mesin CAS bisa membuat bawang tetap dalam kondisi bagus hingga 6 bulan ke depan.

"Mudah-mudahan ini jadi solusi luar biasa. Baru mesin ini yang kami lihat sudah terbukti dan diuji oleh PT Pura. Usia bawang kita survei hampir 6 bulan itu bawangnya masih bagus," kata Arief.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar