Selasa, 06 Juni 2017

Pimpinan DPR: 8 Fraksi Sudah Kirim Wakil Pansus Angket KPK

Jakarta - DPR akan menggelar rapat menetapkan pimpinan panitia khusus (Pansus) hak angket KPK. Wakil ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan, sudah ada 8 dari total 10 fraksi yang mengirim perwakilannya.

Fraksi PAN, kata Fahri, akan mengirim nama wakilnya pada Rabu (7/6). Dengan masuknya PAN, kata Fahri, maka hanya tinggal 2 fraksi yang belum mengirimkan anggotanya.

"Besok itu anggota yang sudah masuk ke dalam daftar, kebetulan PAN juga masuk, jadi ini semua tinggal yang belum tinggal Demokrat dengan PKS saja," ujar Fahri di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (6/6/2017).

Rapat penetapan pansus hak angket KPK itu akan dipimpin oleh wakil ketua DPR Fadli Zon. Fahri mengatakan, Fraksi PDIP dan Fraksi Partai Golkar berpeluang besar menjadi pimpinan Pansus hak angket KPK.

"Besok itu tinggal pemilihan ketua Ketuanya itu dari partai-partai besar PDIP Golkar Gerindra dan yang lain-lain itu kemungkinan itu akan mengusulkan calon untuk pimpinan," ucap Fahri.

Fahri menjelaskan, Badan Legislasi (Baleg) DPR sudah mengkaji syarat pembentukan Pansus hak angket KPK. Syarat tersebut disebut Fahri sudah terpenuhi.

"Ya semua terpenuhi itu adalah hak. Kalau tidak menggunakan hak tidak apa-apa tapi apa namanya Pansus nya harus jalan, tidak mungkin Pansus tidak jalan karena ada yang tidak hadir ya kan? Yang tidak hadir itu yang dipersoalkan sebetulnya karena ini kan kewajiban menurut undang-undang," tutur Fahri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar